Masa lalu Papa

Ini cerita yang pernah diceritakan papa...

Dimasa kecilnya, papa hidup sebagai anak orang berada. Dimana orang tuanya kalau ke kebun anggur ada orang yang bertugas sebagai pembawa kursi untuk sewaktu waktu kalau pengen duduk. Papinya dulu kalau kerja sudah bawa mobil, di tahun 1950++ masih jarang orang yang punya mobil.

Papa adalah anak ke 5 dari 11 bersaudara, beliau mempunyai postur yang tubuh yang paling besar diantara yang lainnya dan nafsu makannya juga sangat besar, pernah dengar cerita "lupa dari siapa" beliau kalau makan mangga sekali makan bisa habis 40biji. Yang menghitung pembantu yang bersihkan sisa2nya, dan setelah dikonfirmasi, beliau mengatakan "iya paling, aku gak ngitung".

* Kasih Sepatu.
Sewaktu sd beliau pernah dihajar karna pulang sekolah tanpa sepatu, sepatunya di kasih ketemannya yang katanya tidak punya sepatu dan beliau punya 2 pasang. Dan pernah juga beliau pulang tanpa baju karna seragamnya sekolahnya di kasih temannya yang tidak punya seragam.
Beliau tergolong orang gedongan yang mana tidak sembarangan boleh bergaul dengan orang luar, tapi beliau tidak bisa hidup seperti itu. Dengan sembunyi2 beliau keluar dengan bawa kue untuk ditukar dengan layang2 atau kelereng yang ujung2nya dijantur sama papinya.

* Hanyut di Sungai Carat.
Beliau pernah ikut2 an temannya cari tebu yang lokasinya dekat sungai, karna tidak bisa berenang beliau hanyut beberapa meter terseret arus, tapi masih untung tertolong dan sesampai dirumah dihajar papinya.


Papinya sudah tidak kerja lagi dan ekonomi mulai menurun.

* Berangkat Asrama Naik Truk Tentara.
Entah kelas berapa pada waktu itu beliau diasramakan, dari rumah dikasih uang untuk naik angkot dengan kakanya, tapi belau punya gagasan mending numpang truk angkatan biar nanti uangnya bisa buat jajan. beliau dan kakanya berngkat naik truk angktan tapi uangnya tidak dipakai jajan malah dikembalikan ke ortunya.
Sewaktu tinggal diasrama kakanya masih sering ngompol tapi beliau melindungi dengan mengatakan kalau beliau yang mengompol, walau suster asrama tahu tidak mungkin kalau beliau ngompol.
Pada waktu itu makanan favorite beliau adalah kompyang karna harga murah bikin kenyang.

* Singkong.
Beliau pernah bercerita, waktu itu masak singkong rebus satu dandang karna beliau merasa satu dandang itu bisa beliau habiskan setelah matang beliau langsung ludahi sedandang singkong itu biar yang lain tidak mau.
Katanya sih jengkel karna cuma singkong aja dibagi2, sedangkan beliau melihat kecurangan saat makan bersama dimana yg lain dikasih telur utuh satu dan ditaruh selipkan dibawa nasi sedangkan beliau cuma diberi setengah. Padahal pekerjaan runah seperti cuci baju seluruh penghuni rumah beliau yang kerjakan sendiri dan bantu bikin kue (kerjaan maminya) beliau yang utama.

* Jaga Rumah.
Entah umur berapa yang pasti masih belum SMA pindah rumah, dan barang2 sudah dipindahkan sebagian. Karna khawatir ada pencuri beliau jaga rumah yang kosong tersebut. Untuk menuju kesana jaraknya lumayan jauh namun beliau potong kompas dengan lewat menyebrang sungai dan melewati dalam makam, berangkat malam hari dan hanya membawa obor atau senter ya (lupa) dengan pentungan kayu beliau sendiri jaga disana tidur dengan tongkat kayu untuk jaga2 kalau ada maling.

* Cari Kodok.
Lupa untuk apa entah dijual atau dimakan sendiri beliau mencari kodok, dimana orang2 tidak ada yang berani menyusuri sungai dekat makam, tapi beliau melihat kodok besar2 disana tidak ada rasa takut beliau cari kodok disana dan memang hasilnya memuaskan "katanya".

* Jual Kupon Surya (wa we).
Udah SMA beliau yang sering kali disuruh jual koin2 emas untuk kebutuhan keluarganya merasa tidak tega dengan keadaan dan beliau nekad jadi bandar kupon surya (togel pada jaman itu). Dan hasilnya sisa uang  setelah dipotong untuk bayar yang dapat dan kembalikan modal masih tersisia satu kaleng diberikan semuanya ke ortunya.
Karna keasikan dan susah bagi waktu antara sekolah dan kerjaan akhirnya beliau memutuskan untuk keluar dari sekolah dan bekarja untuk mencukupi kebutuhan ortunya.
Dimana yang lain...???
Masih tetap sekolah...
tambahan cerita dari om Rudy kakak papa.Sewaktu kita kumpul keluarga besar widjaya bulan januari 2020 om Rudy cerita kalau papa jualan kupon suryanya laris karena boleh hutang. Jadi papa keliling2 kampung sambil bawa kupon surya dan orang2 pada panggil. Karna itu papa kenal banyak orang dimana mana.

Papa juga dikenal jago kasti, setiap papa yang jadi pemukul semua pada tahu kalau bakal home run, kata om Rudy "pas papamu pukul sambil dipelintir jadi bolanya sampai keluar lapangan hehehe... Hengky ancen jago nek kasti"

*Kerja di toko.
Beliau pernah juga bekerja ditoko kebutuhan rumah tangga, tiap hari angkat2 beras dll, karna jujur dan bisa berhitung cepat beliau yang menghitung semua hasil hari itu yang jumlahnya sangat banyak. Oh ya beliau jago matematika tiap ada pertandingan antar sekoloh beliau diikutkan.

* Belajar setir.
Om nya menjajikan untuk mengajari setir mobil, tapi dengan syarat mengecat seluruh rumahnya dulu, dan beliau mengiyakan. Setelah kerjaan selesai beliau menagih janji, tapi om nya mbulet dan cuma diajari beberapa kali (mengecewakan beliau).

** Beliau pernah juga bekerja sebagai sopir angkot Malang – Surabaya, kakanya juga berprofesi yang sama. Beliau berangkat pagi dari malang dengan hanya mencari penumpang yang ke Surabaya, jadi bisa cepat sampainya. Setelah penumpang penuh mobil langsung ngebut ke surabaya. Dan sesampai diterminal wonokromo Surabaya beliau punya banyak anak asuh disana, anak2 asuhnya para pengamen dan gelandangan dll. Tiap pagi belau selalu bagi2 nasi bungkus untuk mereka, dan sebagai tanda terima kasih mereka bawakan penumpang tujuan ke Malang untuk beliau. Sesampai Malang uang setoran mobil udah ditangan tinggal cari uang ceperan dan bahan bakar, sedangkan kakanya masih belum berangkat. Sampai malam beliau pulang dan bawakan hasil kerjanya untuk orang tua dan beliau hanya ambil sebagian kecil hasilnya hanya untuk bekal makan besok karna tanki bahan bakar udah penuh. Sedangkan kakanya tidak pernah kasih uang ke maminya malah minta buat belia bahan bakar tiap paginya. Cerita ini sakan akan rekayasa, tetapi cerita ini pernah dikonfirmasikan didepan saya dan kakanya sewaktu kumpul2 keluarga.

** Beliau pernah juga bercerita, pada waktu itu ada rombongan orang madura yang sewa angkotnya menuju ke Pasuruan. Waktu itu hujan dan beliau emang orangnya serba cepat dan bisa dibilang tukang ngebut, entah didarah mana ban mobil selip dan mobil berputar arah para penumpang sudah pada jerit2 ketakutan dengan sigap beliau membuat mobil berada dijaulur yang tepat dan dihentakan mobil degan injak gas sehingga mobil berjalan normal kembali. Sesampai tujuan semua berterima kasih karna udah terselamatkan dengan kondisi jalan seperti itu, beliau diberi makan dan uang tambahan.  


Masa lalu papaMasa lalunyaMasa lalunya...http://papayaapakabare.blogspot.com/2014/07/masa-lalu-papa.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
;